You need to enable javaScript to run this app.

DPMPTSP PERINGKAT DUA TINGKAT OPD SE-KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN 2022 TERKAIT KIP

  • Kamis, 11 Mei 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
DPMPTSP PERINGKAT DUA TINGKAT OPD SE-KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN 2022 TERKAIT KIP

Padang Aro - Dinas Komunikasi dan Informatika Solok Selatan selaku PPID Utama baru-baru ini memberikan empat penghargaan, dua kepada OPD dan dua kepada nagari atas upaya pengelolaan keterbukaan informasinya. Penghargaan ini diberikan dalam rangka HUT ke-19 Kabupaten Solok Selatan pekan lalu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Firdaus Firman mengatakan penilaian ini dilakukan sebagai dorongan bagi penyelenggaraan keterbukaan informasi bagi seluruh elemen pemerintahan di Solok Selatan untuk terus memperbaiki pengelolaan dan pelayanan informasi.

"Diharapkan dengan adanya penilaian ini maka seluruh elemen pemerintahan terus menggiatkan keterbukaan informasinya seperti himbauan yang disampaikan oleh kepala daerah," kata Firdaus dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

Terdapat dua kategori yang dinilai, yakni pengelolaan media publikasi bagi OPD. Kategori ini mencakup pengelolaan website dan media sosial lainnya yang digunakan oleh OPD untuk menyampaikan informasi pelayanan hingga kegiatan yang dilakukan OPD.

Sedangkan bagi nagari, kategori yang dinilai adalah pengelolaan keterbukaan informasi publik, kategori ini mencakup pelaksanaan PPID di nagari. Penilaian yang dilakukan mencakup ketersediaan sarana dan prasarana untuk pelayanan informasi kepada publik, hingga ketersediaan data yang bisa disampaikan.

Metode penilaian yang dilakukan dengan pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang disebar kepada seluruh OPD/kecamatan dan nagari. Dari kuesioner ini, kemudian diperoleh lima nominasi untuk masing-masing kategori.

Lima nominasi untuk kategori Pengelolaan Media Publikasi OPD Kategori Informatif adalah:
- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
- Dinas Sosial-PMD
- RSUD Solok Selatan
- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Sedangkan untuk kategori Keterbukaan Informasi Publik Nagari nominasinya adalah:
- Nagari Padang Limau Sundai
- Nagari Pakan Rabaa
- Nagari Sako Utara Pasia Talang
- Nagari Padang Air Dingin
- Nagari Sako Pasia Talang

Penilaian kemudian berlanjut pada visitiasi dengan tujuan untuk melakukan pengamatan langsung dengan melakukan wawancara, verifikasi, dan pecermatan data dan informasi yang diperoleh melalui kuesioner. Adapun visitasi terhadap OPD dilakukan dengan mengunjungi laman website dan media sosial untuk mengecek kelengkapan informasi dan keaktifan pengelolaannya.

Dari penilaian tersebut, maka diperoleh dua pemenang untuk masing-masing kategori yang diumumkan pada malam puncak HUT ke-19 Solok Selatan, pada Sabtu (7/1/2023) lalu.

 

Pemenang untuk ategori Pengelolaan Media Publikasi OPD Kategori Informatif adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk terbaik pertama dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai terbaik kedua.

Sedangkan untuk kategori Keterbukaan Informasi Publik Nagari dimenangkan oleh Nagari Padang Limau Sundai sebagai terbaik pertama dan Nagari Sako Utara Pasia Talang sebagai terbaik kedua.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

YOLLY HIRLANDES PUTRA, ST, M.I.L

- Kepala Dinas -

  Selamat datang di Website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil